Blog Sederhana Seputar Technology, Cheat/Hack, dll

Latest Post
Loading...

Presentasi Power Point

Presentasi Powerpoint Kelas Dunia

Kali ini Pranoto Budi Hutomo akan mengulas tentang PRESENTASI POWER POINT. Salah satu pertanyaan yang sering saya dapatkan adalah bagaimana cara membuat animasi dalam sebuah presentasi Powerpoint atau Keynote?
Animasi jika dibuat secara tepat akan membantu menjelaskan gagasan Anda dengan baik. Sebaliknya jika dipakai dengan salah animasi juga dapat membuat audiens terganggu.




Perbedaan Animasi dan Transisi

Dalam software presentasi seperti Powerpoint dan Keynote, dikenal istilah animasi dan transisi. Animasi merujuk pada efek pada bagian-bagian tertentu dari slide presentasi Anda. Misalnya teks yang bergerak, gambar yang membesar, atau objek yang muncul pada waktu tertentu.
Adapun transisi merujuk pada perubahan yang terjadi dari satu slide ke slide yang lain. Misalnya slide berikutnya akan menggeser slide yang ada sebelumnya.

Di mana letak animasi dan transisi?

Pada Powerpoint 2007, Anda bisa menemukannya pada bagian Animation.
Gambar kotak-kotak yang Anda lihat adalah untuk membuat transisi antar slide. Sedangkan jika Anda ingin membuat animasi atas objek tertentu dalam slide Anda, maka Anda bisa klik Custom Animation.
animasi-powerpoint-2007
Pada Powerpoint 2010, bagian untuk transisi dan animasi telah dibedakan. Untuk Animasi Anda bisa klik pada menu Animation.
animasi-powerpoint-2010
Sedangkan untuk transisi bisa ditemukan di menu Transition.
transisi-powerpoint-2010

Berhati-Hatilah Dalam Menggunakan Animasi dan Transisi

Setiap pergerakan dalam slide Anda apakah objek yang bergerak, berubah bentuk, maupun efek lainnya pada dasarnya akan menarik perhatian audiens. Jika dipakai dengan benar akan memperkuat penjelasan yang Anda sampaikan. Namun jika dipakai secara salah dapat menciptakan gangguan atau distraksi yang malah membuat perhatian audiens beralih dari memahami audiens Anda menjadi memperhatikan gerakan-gerakan yang muncul.
Karena itu, nasihat yang saya berikan adalah, gunakan animasi dan transisi seperlunya saja. Sesuai kebutuhan Anda untuk memperjelas sebuah pesan.

Kapan Anda Memerlukan Animasi dan Transisi?

Lantas, kapankah Anda bisa membuat animasi yang akan memperkuat pesan sebuah presentasi? Jawabnya adalah jika Anda perlu menjelaskan bagian demi bagian dari sebuah slide.
Misalnya Anda ingin menjelaskan tiga hal yang masing-masing diwakili sebuah gambar.
Ketika Anda memberi penjelasan untuk bagian pertama, maka sebuah gambar akan muncul. Ketika Anda menjelaskan bagian kedua, maka gambar kedua akan muncul. Demikian seterusnya.
Animasi seperti inilah yang berfungsi membantu menciptakan penjelasan.

Contoh Animasi Kelas Dunia

Seeing is believing.
Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut saya ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana contoh animasi dan transisi kelas dunia.
Perlu dicatat, saya menggunakan animasi dan transisi yang cukup banyak dalam presentasi berikut ini. Alasannya karena presentasi ini akan menjadi sebuah video dengan narasi yang menjelaskan. Bukan sebuah presentasi yang dipakai oleh seorang presenter.
Jangan lupa aktifkan speaker Anda sebelum klik tombol play di bawah ini.


Presentasi dibuat dengan software Keynote dengan efek sebagai berikut:
Transisi antar slide:
  • Reflection
Animasi objek:
  • Magic Move
  • Dissolve
  • Move In
  • Wipe
  • Flame
  • Shimmer
Animasi teks:
  • Typewriter
  • Wipe
Untuk membuat animasi presentasi dengan durasi 6 menit seperti di atas, saya membutuhkan lebih dari 60 slide. Jumlah slide sebanyak ini diperlukan untuk menciptakan efek seperti yang Anda lihat.
Anda bisa mendownload video dan slide yang dipakai di sini:
Dalam posting berikutnya, saya juga akan membahas bagaimana membuat animasi dan transisi secara sederhana untuk membuat presentasi Anda tampil efektif.
Selamat bereksperimen dalam membuat animasi pada presentasi Anda.

 



 


Artikel ini menarik buat Anda?
Download buku PRESENTASI MEMUKAU - GRATIStips, trik dan teknik presentasi lainnya. 
New Graphic


Kami menghormati privacy email Anda.


Tag : Tips
0 Komentar untuk "Presentasi Power Point"

Back To Top -->