Blog Sederhana Seputar Technology, Cheat/Hack, dll

Latest Post
Loading...

Mengapa mata kucing menyala di malam hari ?



Mengapa mata kucing menyala di malam hari ?

Tau ngga kalian temen-temen kenapa mata kucing menyala atau bersinar di malam hari?
Hal ini dikarenakan retina mata kucing dan hewan lainnya memantulkan cahaya yang berasal dari sumber cahaya.

Kucing merupakan hewan yang cenderungberkeliaran di malam hari. Pada dasarnya hewan malam memiliki pupil yang terbuka lebih besar saat keadaan gelap untuk menerima banyak cahaya yang datang.
Semakin banyak cahaya yang sampai ke retina, cahaya yang dipantulkan juga lebih banyak dan terlihat lebih terang oleh mata kita seperti lampu.
Kucing dapat melihat dalam cahaya yang amat terang. Mereka memiliki selaput pelangi atau iris membentuk celah pada mata yang akan menyempit. Meskipun demikian, penyempitan ini juga mengurangi bidang pandang kucing. Suatuorgan yang disebut tapetum lucidum digunakan dalam lingkungan dengan sedikit cahaya. Organ inilah yang menyebabkan warna-warni mata kucing ketika difoto dengan menggunakan blitz. Seperti kebanyakan predator, kedua matakucing menghadap ke depan, menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang. Mata kucing memiliki persepsi trikomatik yang lemah.
Ketika cahaya yang ada terlalu sedikit untuk melihat, kucing akan menggunakan “kumis” atau misainya (vibrissae) untuk membantunya menentukan arah dan menjadi alat indera tambahan. Misai dapat mendeteksi perubahan angin yang amat kecil, membuat kucing dapat mengetahui adanya benda-benda di sekitarnya tanpa melihat.
Kucing memiliki kelopak mata ketiga yangdisebut membrana niktitans. Kelopak ketiga ini terdiri dari suatu lapisan tipis yang dapat menutupi mata dan nampak ketika mata kucing terbuka. Membran ini menutup sebagian ketika kucing sedang sakit. Kadang kucing yang amat mengantuk atau gembira juga memperlihatkan membran ini.
Tag : Tips
0 Komentar untuk "Mengapa mata kucing menyala di malam hari ?"

Back To Top -->